Digital Marketing

Digital entrepreneurship penting untuk anak muda karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  di Era distruptif menjadi hal yang harus dan wajib kita pahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan kemudian kita ingat lagi bahwa Era pandemi covid semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya Digital marketing bagi dunia kewirausahaan karena ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan bukan maka media digital menjadi satu-satunya solusi dalam masa pandemi covid ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital. Pada mata kuliah kewirausahaan ini memperkenalkan beberapa hal mengenai Digital marketing yang perlu dipahami oleh para pelaku wirausaha muda. Sebelum kita masuk tentang Apa itu Digital marketing dan bagaimana implementasi dari Digital marketing, dimulai dari merancang sebuah strategi yang menggunakan konsep Digital marketing sampai dengan mengimplementasi dan melakukan evaluasi atau controlling maka ada beberapa fenomena atau beberapa data yang akan saya ketengahkan kepada teman-teman mahasiswa supaya kita mendapat Ingatkan sebuah gambaran yang jelas dan tentang apa sih Kondisi kita sekarang,  dan mengapa Digital marketing itu begitu penting untuk dipelajari dalam konsep kewirausahaan kita. 

 

The internet and Digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future, melaui kutipan ini kita bisa melihat jelas bagaimana peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini. Yang semula  beberapa media konvensional dianggap paling mutakhir namun demikian seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital menguasai dunia mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada pelaku konsumen, ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha. Bahwa has to be our future, jadi bila kita ingin menguasai masa depan maka kita harus menguasai yang namanya digital teknologi.  Begitupun dengan beberapa teori seperti teori darwin mengatakan Bahwa Sebenarnya manusia yang berhasil yang sukses yang bisa memenangkan sebuah pertempuran, itu adalah orang-orang bukan yang paling kuat bukan yang paling besar tapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan maka dengan banyaknya berbagai perubahan yang terjadi mau tidak mau kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Termasuk dengan digital teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.  Mengapa digital marketing penting untuk kita pelajari dan menjadi pertimbangan bagi para entrepreneur muda untuk menjadikan digital teknologi itu sebagai bagian dari strategi pemasarannya. 

 

Pertumbuhan penggunaa mobile phone lebih cepat dari pada pertumbuhan populasi, begitupun dengan pengguna internet dan juga pertumbuhan pengguna media sosial dalam satu tahun. Jadi pertumbuhan penggunaan gadget kemudian akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial pertumbuhannya sangat cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri, hal ini menunjukan satu gejala positif yang harusnya dipandang oleh interpreneur sebagai peluang. Artinya disini muncul satu pola baru dalam konsumen kita, jadi kita sebagai produsen harus bisa mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran dan tidak lagi melulu hanya memikirkan strategi-strategi konfensional karena orang sudah tidak lagi memperhatikan billboard yang ada di jalan, orang sudah tidak lagi membaca brosur konfensional dengan baik, sehingga dengan kita menggunakan media-media konfensional sudah tidak cukup efektif dan efesien lagi sebagai perusahaan atau sebagai interpreneur. Orang mungkin akan menerima brosur kemudian sudah lupa naro brosurnya dimana, kemudian orang lagi dijalan melihat billboard orang sudah kurang menggemari lagi melihat billboard karna artinya kalo dia tidak lewat jalanan itu lagi maka billboard itu sudah tidak terbaca lagi atau tidak terlihat lagi.

Berbeda hal nya ketika sebuah advertising ditempatkan pada media-media digital seperti contohnya diletakan pada media sosial maka kita bisa lihat di data berikutnya bahwa average daily time spent using the internet via any divice itu terlihat rata-rata di Indonesia orang menghabiskan menggunakan gadget nya untuk mengakses internet itu kurang lebih 8 jam 36 menit per hari. Internet itu bisa jadi kita mengakses dari kita mulai buka mata memulai aktivitas kita sudah buka internet dan itu akan kita lakukan sepanjang hari sampai dengan kita mengakhiri aktivitas di hari itu. Maka ini bisa menjadi peluang yang besar bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasaran nya. Orang rata-rata buka media sosial bisa sekitar 3 jam 30 menit per hari pada tahun 2019, tahun ini pasti lebih dari itu karena di era industri 4.0 yang sekarang banyak di gaungkan orang kenyataan bahwa pandemi covid ini telah mengakselerasi penggunaan media digital, ketika kita semua dibatasi mobilitasnya untuk keluar rumah maka semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk mengakses internet dan media sosial. Jadi ini sudah menjadi peluang bukan hanya di Indonesia tetapi juga secara global bahwa penggunaan media digital ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh konsumen yang ada. Terdapat data lain pada tahun 2019 tentang media platform yang paling banyak di gemari oleh pengguna media sosial yaitu ada youtube, whatsapp, facebook, instagram, line, twitter, FB messengere, dll. Artinya kenapa ini dilakukan rating ini menjadi wawasan baru atau informasi bagi para pelaku usaha, setidaknya para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa dia harus memasang sebuah iklan melalui media-media atau melalui media sosial platform ini karena ternyata media sosial ini paling banyak dikunjungi oleh pengguna sosial media, hal ini mungkin bisa kita refleksikan kediri kita sendiri sebenarnya kalo di handphone kita tuh ada media sosial apa aja yang sering kita buka, sepertinya kalo kita merefleksikan ke diri kita sendiri ya tentunya yang ada di 4 teratas mungkin ada di setiap handphone orang. Jadi ini bisa jadi pertimbangan bagi para pemasaran untuk mengiklankan atau aktif bersosial media sebagai media promosi atau media pemasaran.

 

Kalau kita bicara tentang digital marketing maka kita sedang berbicara tentang bagaimana  merancang sebuah rencana strategis yang kita lakukan agar usaha kita menjadi berkembang, agar produk kita lebih dikenal, agar kita mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada di lingkungan kita. Maka ada namanya konsep SOSTAC Marketing Diagram (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control) ini sebagai pemasaran digital yang akan kita susun dan rancang untuk usaha kita.

Situation analysis, kalo kita mau menggunakan digital marketing maka kita perlu tahu dulu situation anlysis ini menjelaskan tentang posisi kita sekarang sedang ada dimana.

Objective, menyusun sebuah pola dan mengetahui tujuan apa yang akan kita capai.

Strategy, bagaimana cara kita bisa mencapai tujuan tersebut.

Tactics, cara yang lebih generik yang kita lakukan untuk mencapai tujuan kita.

Action, menjalankan rencana yang sudah di tentukan.

Control, melakukan pengawasan dan pengamatan apakah startegi yang kita buat dan action yang kita lakukan sudah cukup dan bisa memenuhi target yang kita buat. Kalau misalnya belum mencapai tujuan yang kita inginkan maka kita bisa kembali ke step belakang dari ulang dan mencari letak salah nya pada step apa.

 

 

 

 

4 komentar:

  Rekomendasi Film Korea Selatan terSedih versi me   Miracle in Cell No.7 (2013)   Miracle in Cell No 7 versi Korea Selatan bercerit...